Dikembangkan Roket Fusi untuk ke Mars


Teknologi roket untuk menjelajahi luar angkasa saat ini semakin berkembang. Berbagai pilihan tenaga digunakan untuk membawa pesawat mencapai luar angkasa.

Saat ini sekelompok peneliti di Washington, Amerika Serikat, sedang mengembangkan teknologi roket fusi yang mampu membawa astronot ke Planet Mars selama 30 hari.

Sepanjang akhir abad ini, peneliti bekerja keras untuk mengembangkan energi fusi, namun hal ini tidak pernah tercapai. NASA mendanai proyek ini sebesar 5,4 miliar rupiah selama tiga tahun.

Para ahli telah menguji coba seluruh komponen teknologi mereka. Dan saat ini mereka hanya perlu menggabungkan seluruh komponen seperti dilansir Popsci.com, Selasa (09/04).

Ide tim adalah dengan menggunakan medan magnet yang kuat untuk menyatukan serangkaian cincin logam ke dalam cangkang sekitar plasma deuterium. Cangkang mengkompresi plasma, menciptakan reaksi fusi yang hanya berlangsung sekitar 25 sepersejuta detik.

Hasil reaksi memanaskan cangkang logam dan mendorong tenaga keluar dari bagian belakang roket pada kecepatan 67.000 mil per jam, reaksi inilah yang mendorong roket.

Pengujicobaan akan komponen plasma deuterium dan komponen medan magnet menghasilkan hasil yang baik. Dan para peneliti di Washington akan mengujicoba keduanya menjadi satu bagian pada pertengahan tahun ini di University of Washington’s Plasma Dynamics Lab di Redmond.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s