Kenaikan Harga BBM


Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Bersubsisi yang diperkirakan dilakukan pada minggu ketiga Juni 2013, menjadi Rp. 6.500,- (Premium) dan Rp. 5.500,- (Solar). Hal ini diperkirakan akan menambah jumlah orang miskin baru di Indonesia. Diprediksi akan ada tambahan sebesar 4 Juta orang miskin baru, sebagai akibat kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi melalui mekanisme satu harga yang digodok pemerintah. 4 Juta orang ini turun dari kategori nyaris miskin kekelompok miskin.

M Chatib Basri, Menteri Keuangan yang baru, mengatakan adanya tambahan itu akan diatasi dengan memberikan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) yang di peruntukkan bagi 16 Juta orang.

Perimbangan kenaikan BBM juga akan diatasi dengan Raskin (beras miskin), pemberian Bantuan Siswa Miskin (BSM), serta pemberian infrastruktur pedesaan. Dengan asumsi pertumbuhan sebesar 6,2% maka inflasi yang diperkirakan sebesar 7,2% akan coba ditahan dengan pemberian stimulus kepada masyarakat tersebut.

Dengan semua kebijakan ini, Menkeu melihat sudah selayaknya BLSM diberlakukan untuk menjaga konsumsi masyarakat. Dengan mekanisme itu Menteri keuangan yakin masyarakat miskin yang alami masalah dalam pemenuhan kebutuhan makanan akan teratasi dengan BLSM, yang akan diberikan dalam kurun waktu 5 bulan saja pasca kenaikan harga BBM.

Ada indikasi masyarakat miskin akan alami masalah pangan ketika BBM dinaikkan, sedangkan masyarakat desa di menengah keatas akan alami masalah ditransportasi, maka akan diatasi dengan kenaikan BBM bersubsidi.

pangan ketika BBM dinaikkan, sedangkan masyarakat desa di menengah keatas akan alami masalah ditransportasi, maka akan diatasi dengan kenaikan BBM bersubsidi.

Yang dikuatirkan adalah ;

  1. 5 bulan BLSM diberikan, hanya mampu menahan sementara saja, sementara itu inflasi sudah naik sebagai dampak psikologis  dari berita (belum betul-betul naik) akan dinaikkannya harga BBM. Sekarang ini sudah terasa, harga barang komusiti naik di pasar-pasar.
  2. Bagaimana pasca 5 bulannya?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s