Pekalongan, Kota Kreatif Dunia


Seluruh kriteria dan materi yang disyaratkan oleh UNESCO sudah dimiliki Kota Pekalongan sehingga kami optimistis ‘Kota Batik’ ini akan masuk sebagai   kota kretaif dunia

Wali Kota Pekalongan, Basyir Achmad menyatakan optimistis kota yang dipimpinnya akan masuk sebagai 35 kota kreatif dunia kategori “Kota Kerajinan dan Kesenian Rakyat”.

“Kami optimistis Pekalongan akan masuk kota kreatif dunia,” katanya di Pekalongan, Jumat.

Menurut dia, Kota Solo yang semula dinominasikan dengan kategori kota desain dan Yogyakarta sebagai kota kerajinan serta seni, gagal dalam seleksi sebagai kota kreatif oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

“Sedangkan Bandung dengan kategori kota kuliner tidak lengkap berkasnya sehingga tidak melanjutkan ke tahap berikutnya sebagai kota kreatif dunia,” katanya.

“Jika berkas yang kami ajukan pada UNESCO disahkan maka Pekalongan akan masuk jaringan kota-kota kreatif dunia bersama 34 kota lainnya dari 18 negara,” ujarnya melanjutkan.

Ia mengatakan bahwa setelah mendapatkan rekomendasi dari Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 25 Maret 2013, selanjutnya naskah pendaftaran Kota Pekalongan sebagai kota kreatif dunia dikirim ke Sekretaris UNESCO di Paris, Perancis.

“Selama ini, belum ada kota dari Indonesia yang masuk jaringan kota kretaif dunia sehingga jika tujuan ini berhasil maka akan membanggakan bangsa Indonesia,” katanya.

Kota Pekalongan dikenal dengan industri batik dengan berbagai corak khas pesisir dan telah mendunia, ujarnya. Ini akan memberi peluang Pekalongan “Kota Batik” masuk dalam nominasi kota kreatif dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s