Top 3 : “Tower Super Megah di Indonesia”


“Gedung-Gedung Fantastik yang Akan Segera di Bangun di Jakarta”

 

1. BUMN Tower

 

Beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki total aset lebih dari $ 200 miliar (dan diproyeksikan akan naik sebesar USD 250 miliar pada akhir 2010) atau sama dengan PDB Thailand 2009, merencanakan akan membangun sebuah megaproyek bernama BUMN Tower di jakarta.
Tiga BUMN terbesar (PT Telkom Indonesia, Pertamina, dan Adhikarya) beberapa wakru lalu menyatakan, bahwa mereka berencana akan membangun sebuah gedung super tinggi di suatu tempat di Jakarta untuk menandai bangkitnya ekonomi Indonesia menjadi calon negara maju pada 2030. Mereka telah berjanji bahwa bangunan ini akan menjadi unik, menarik, modern, dan berkonsep ramah lingkungan, serta akan membuatbangga seluruh rakyat Indonesia.

2. Batik Tower
Indonesia akan membuat sebuah kejutan dengan menghadirkan sebuah gedung pencakar langit bermotif batik, hal tersebut dilakukan sebagai penghargaan atas ditetapkannya batik sebagai warisan budaya Dunia oleh UNESCO pada tahun 2009 lalu. Gedung tersebut dibuat dengan sepasang pencakar langit terbungkus sehingga menyerupai bahan tekstil. Gedung bernama resmi “Sahid Perdana Twin Towers” tersebut akan berbentuk seni tradisional di lantai atas, sementara tetap mempertahankan kesan modern.
Dirancang oleh Urbane, menara berbentuk bulat panjang tersebut akan dibuat dengan pintu masuk berbentuk polong.. Fasad kaca akan berubah sebagai menara naik, sementara kedua menara akan dihubungkan oleh ruangan (jembatan penghubung) yang tampak seperti seperti sebuah UFO yang terjepit di antara dua menara.
3. Jakarta Tower
Menara Jakarta diproyeksikan sebagai menara tertinggi di dunia. Menara setinggi 558 meter itu didesain mampu menahan guncangan gempa hingga 8 Skala Richter.Namun, bukan berarti menara akan hancur ketika diguncang gempa lebih besar dari 8 skala richter. Secara teknis, struktur Menara Jakarta memakai standar yang lebih tinggi dari aturan yang dipakai internasional. Struktur menara menggunakan perhitungan periode ulang gempa 100 tahun. Di Indonesia, aturan yang ditetapkan hanya perhitungan periode ulang gempa 50 tahun. Demikian pula aturan yang dipakai sejumlah negara besar termasuk Amerika Serikat.
Pengeboran pondasi dilakukan hingga kedalaman 57 meter sebanyak 415 titik. Cor beton dilakukan hingga kedalaman 16 meter. Sedangkan penyangga horisontal dibuat sebanyak 1.461 titik sepanjang 57 meter.Pembangunan Menara Jakarta, saat ini, telah sampai pada tahap pemasangan pondasi. Menara setinggi 558 meter ini direncanakan beroperasi pada 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s