Misteri 100 Tahun Logo Chevrolet


detail beritaDETROIT- Tahun ini logo Chevrolet merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Seabad sudah usia lambang yang mirip dengan dasi kupu-kupu (bowtie) tersebut, dibantu dengan 25 model produk baru semakin membantu Chevrolet menemukan kembali jalan mereka di dunia automotif.
Setiap mobil Chevrolet entah itu mobil berpenumpang, SUV, ataupun truk dikatakan terjual dalam 6,39 detik di 140 negara, dan mereka telah mencapai rekor penjualan sebanyak 2,5 juta unit hanya dalam enam bulan pertama.

“Chevrolet bowtie telah dikenal di seluruh dunia dan telah menjadi sinonim identitas Amerika. Tidak peduli melewati medan berat dengan pikap Silverado atau keliling kota dengan Spark EV, emblem Chevrolet akan selalu berada di depan anda,” tukas Chevrolet Chief Marketing Officer Tim Mahoney, dalam rilis resminya, Senin (22/7/2013).

Pada 1913, pendiri Chevrolet, William C. Durant memperkenalkan desain terbaru lambang Chevy pada Chevrolet H-2 Royal Mail and the H-4 Baby Grand untuk tahun 1914. Terdapat lebih dari 60 juta kendaraan Chevrolet di dunia dan lambang dasi kupu-kupu tersebut telah menghiasi selama lebih dari satu abad.

Sementara telah berumur 100 tahun, asal usul desain asli logo Chevrolet ternyata masih belum dapat dipastikan. Ceritanya dikatakan dimulai dari Durant yang terinspirasi dari desain wallpaper iklan di hotel Parisian kala ia sedang berlibur.

Sedangkan istri dan anaknya mengatakan hal yang berbeda. Margery Durant, dalam bukunya My Father, di tahun 1929 diceritakan DUrant sesekali mencoret tinta di kertas saat makan malam.

“Saya rasa itu adalah perpaduan sup dan ayam goreng saat suatu malam ia membuat sketsa desain yang kini digunakan di setiap mobil Chevrolet sampai saat ini,” tulisnya.

Namun tahun 1968 saat interview bersama sang istri, Catherine mengatakan desain bowtie berasal dari liburan musim panas di tahun 1912. Saat sedang membaca koran di kamar hotel, Durant menemukan sebuah inspirasi.

“Saya pikir ini adalah emblem yang sangat bagus untuk Chevrolet.” Sayangnya Catherine tidak mengklarifikasi motif bagaimana emblem itu digunakan.

Secuil informasi tersebut menginspirasi Ken Kaufmann, seorang sejarahwan dan editor di Chevrolet Review, untuk mencari validitas. Pada 12 November 1911, dalam edisi surat kabar Constitution yang dipublikasi di Atlanta, sebuah iklan muncul dari pabrik batu bara Southern Compressed Coal Company. Di situ menampilkan produk mereka, Coalettes dengan logo yang menggunakan desain bowtie sangat mirip dengan icon Chevrolet.

Apakah Durant dan Catherine melihat iklan yang sama? Ternyata tanggal pada surat kabar yang ditemukan Kaufmann hanya berjarak 9 hari setelah Chevrolet Motor Co. menggunakan bowtie pada Chevrolet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s