Super-Earth, 80% kembaran Bumi


Ada kemungkinan 80 persen ini adalah kembaran bumi

Temuan planet baru mirip bumi dengan ukuran jauh lebih besar membuat para peneliti makin giat mengobservasi planet itu. Hasil observasi terbaru pun menunjukkan hal yang menggembirakan.

Seperti dilansir oleh HNGN (9/1), super-earth yang ditemukan pada tahun 2013 ini ternyata diperkirakan masih bisa ditinggali oleh makhluk hidup. Hitungan kasarnya, ada kemungkinan sekitar 80 persen planet dengan nama Kepler-62f tersebut bisa jadi rumah kedua manusia.

Menurut peneliti dari Northwestern University, ada kemungkinan di mana planet tersebut memiliki beberapa daratan luas yang dikelilingi oleh lautan. Dengan begitu, kehidupan di darat pun bisa didukung dengan baik.

Padahal, penemuan sebelumnya menyatakan bahwa seluruh daratan planet ini mungkin saja sudah tenggelam akibat air. Namun, pendapat ini bisa dipatahkan karena adanya gerakan tektonik dari Kepler-62f sehingga air bisa saja diserap kembali dalam lapisan mantelnya.

Peneliti yakin bahwa lempeng tektonik yang bergerak membuat air di super-earth berpindah-pindah dari permukaan ke bagian inti planet. Dengan begitu, daratan yang sebelumnya tenggelam pun akan menyembul kembali ke permukaan.

“Meski jumlah airnya mencapai 80 kali lipat lebih banyak dari bumi, planet ini masih akan memiliki daratan yang bisa dihuni,” kata peneliti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s