Planet berukuran sangat besar berhasil ditemukan

Sebuah planet sangat besar, 11 kali lebih besar dari Jupiter, berhasil ditemukan oleh para ahli. Diketahui, planet ini mengorbit sebuah bintang dengan jarak yang sangat jauh.

Seperti yang dilansir oleh Space (6/12), eksoplanet baru ini dinamai HD 106906 b, dan membuat semua planet besar yang sebelumnya pernah ditemukan peneliti jadi seperti kerikil. Bahkan, Jupiter yang jadi planet paling besar di tata surya kita pun kalah dengan planet ini.

HD 106906 b memutari orbitnya dengan jarak sekitar 650 kali lebih panjang dari jarak orbit antara bumi dan matahari. Dengan adanya orbit dan ukurannya yang besar ini pun membuat para peneliti jadi bertanya-tanya dari mana sebenarnya planet ini terbentuk.

“Sistem seperti ini sangat menakjubkan karena tak ada contoh lain yang mampu menjelaskan apa yang kita lihat,” kata pimpinan penelitian, Vanessa Bailey, University of Arizona.

Di teori populer, memang planet yang dekat dengan matahari akan lebih kecil ukurannya. Sementara planet yang jaraknya jauh dari matahari akan mampu membesarkan dirinya karena gas dan debu antariksa berkumpul di dalamnya.

Namun, bisa saja planet ini terbentuk dari cara yang sama di mana sistem tata surya biner terbentuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s