Pengolahan Barang Bekas


 

“Download Artikel Disini”

Barang Bekas

Barang-barang bekas di rumah seringkali berakhir di tempat sampah. Walau mungkin sempat terpikir untuk memanfaatkannya, tapi jadi apa?

 

Kalian semua pernah menyangka tidak bawa barang bekas yang sering berada di sekitar kita bisa kita ubah menjadi barang yang indah dan bermanfaat. Memanfaatkan barang-barang bekas atau membuat keterampilan dari barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai tentu merupakan pekerjaan yang mulia. Sebab disamping dapat mendatangkan uang, juga dapat menjaga lingkungan dari pencemaran yang berdampak buruk bagi kehidupan. Seperti banjir, bila semua sampah dimanfaatkan, tidak dibuang sembarang. Tentu banjir akan malas untuk datang. Bila banjir pun datang, mungkin ada faktor-faktor lain seperti halnya banyaknya pohon-pohon yang ditebang atau dangkalnya sungai.

 

Menyulap sampah atau barang-barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai juga dapat dijadikan bisnis yang amat sangat menguntungkan. Ya, lihat saja sosok Dewi Tanjung Sari yang sukses akan bisnis souvenir pernikahan. Souvenir yang diciptakannya juga sangatlah unik dan kreatif. Sebab dia menciptakan souvenir tersebut dari barang-barang bekas, kain-kain bekas serta limbah-limbah daun.

 

Keterampilan yang dimiliki dalam mengolah barang-barang bekas menjadi sesuatu yang bernilai jual juga telah mengantarkan dia memperoleh banyak penghargaan baik di dalam maupun di luar negeri. Dan yang lebih membanggakan lagi yaitu dia telah memberikan pelatihan-pelatihan secara gratis dalam membuat keterampilan yang berasal dari barang- barang bekas kepada narapidana serta para pelajar.

 

Nah, dengan adanya sosok seperti Dewi Tanjung Sari yang sudah sukses di bisnis tentang barang bekas. Kira-kira apakah ada sedikit impian atau angan-angan untuk menjalankan bisnis dibidang ini? Jika memang ada, kenapa tidak memulainya dari sekarang? Atau bila tidak ada niatan untuk berbisnis, memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan sesuatu yang bermanfaat. Tentu setidaknya dapat menyalurkan bakat serta dapat menjaga lingkungan bukan?

 

Tetapi semua keputusan ada di tangan masing-masing individu. Karena setiap manusia memiliki tujuan dan harapan yang berbeda-beda. Tetapi bila ada yang ingin menjaga lingkungan, dengan memanfaatkan barang yang tidak terpakai tentu itu tujuan yang mulia.

 

Setiap hari banyak botol bekas yang terbuang sia-sia dan tidak dimanfaatkan kembali. Botol-botol bekas sebenarnya dapat dimanfaatkan kembali dan dapat menambah nilai manfaat, estetika bahkan nilai ekonomi. Berbagai ide-ide kreatif pun muncul untuk memikirkan cara-cara mengolah kembali botol-botol bekas. Mendaur ulang barang bekas mungkin menghasilkan barang lain yang lebih menarik bahkan mungkin dapat menghasilkan omzet sampai puluhan juta atau mungkin lebih.

 

Bila ada yang ingin berkreasi dengan barang yang sudah tidak terpakai. Tentu ingin sekali tau bagaimana cara membuat suatu keterampilan dari botol bekas? Bagaimana cara membuat suatu kreasi dari daun-daun kering? Bagaimana cara membuat kerajinan dari plastik bekas? Atau bagaimana cara membuat sesuatu yang unik dari barang yang sudah dianggap tidak berguna?

Bila sebelumnya usaha barang bekas dipandang sebelah mata, maka kini usaha tersebut haruslah mendapatkan perhatian tertentu khususnya bagi instansi-instansi terkait dalam pembinaan dan pengembangan usaha kecil. Usaha ini memiliki potensi besar dan menyentuh berbagai lapisan, serta hubungan timbal balik kebutuhan.

Disini juga ada ide-ide kreatif pengolahannya juga, silakan “Download Artikel Disini”

Pengelolaan Sampah Organik

Pengelolaan sampah yang baik merupakan langkah awal terciptanya masyarakat dan lingkungan yang sehat, lho. Kalau sampah dibiarkan menumpuk dan tidak terolah dengan baik, air tanah akan tercemar. Dan jika air tanah tersebut Ibu konsumsi, kesehatan dan keselamatan anda dan orang-orang yang anda sayangi dapat terancam, lho. Tidak mau hal tersebut terjadi kan? Untuk itu, anda harus melakukan pengelolaan dengan baik dan benar.

Langkah awal untuk mengelola sampah di rumah anda adalah dengan cara memisahkan antara sampah organik dengan sampah anorganik. Sampah organik terdiri dari sisa makanan, sayuran, kulit buah-buahan, daun, dan lain sebagainya. Sementara sampah anorganik contohnya adalah kertas, plastik, kaca, logam, dan lain sebagainya.

Mengubah sampah organik menjadi kompos merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengelola sampah rumah tangga. Seperti apa dan bagaimana cara membuatnya? Untuk Lengkapnya “Download Artikel Disini”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s